Pages

Thursday, February 21, 2013

Tim-Tim Yang Lolos ke 16 Besar Europa League

Tim-Tim Yang Lolos ke 16 Besar Europa League 2

Chelsea, Lazio, Inter Milan, Tottenham Hotspur, hingga Newcastle United berhasil mendapatkan tiket ke babak 16 besar Liga Europa 2013. Sementara itu, juara bertahan Atletico Madrid dan tim kuat Liverpool harus terdepak lebih awal dalam ajang nomor dua setelah Liga Champion ini. Namun, klub-klub elite Eropa tidak boleh berpuas di perdelapan final. Mereka, seperti Tottenham dan Internazionale, mesti saling bunuh demi menuju final yang akan digelar pada 16 Mei 2013 di Amsterdam Arena.

Sedikit di luar dugaan. Demikian yang terjadi di babak 32 besar Europa League. Tim-tim yang memegang nama besar, terlalu meremehkan ajang ini dengan menurunkan para pemain cadangan. Akibatnya, mereka justru angkat kopor terlebih dahulu. Sebutkanlah Atletico Madrid yang harus kalah agregat dari Rubin Kazan (1-2). Nasib Liverpool lebih mengenaskan karena mereka cuma kalah agresivitas gol tandang. Dini hari tadi The Reds hanya menang 3-1 atas Zenit St. Petersburg, padahal di Rusia tumbang 2-0.

Tim-Tim Yang Lolos ke 16 Besar Europa League 3

Namun, tidak ada yang lebih memalukan daripada Napoli. Runner-up sementara Liga Italia ini, dibenamkan Viktoria Plzen dengan agregat 0-5. Setelah dihajar 0-3 di San Paolo, klub yang tengah mengembalikan nama besarnya di Serie-A ini masih terkulai dengan skor 2-0 pada laga Jumat (22/2).

Di luar nama-nama di atas, masih ada sederetan klub elite Eropa yang lolos. Mereka adalah Internazionale, Newcastle United, Stuttgart, Basel, Lazio, Tottenham Hotspur, Fenerbahce, Levante, Bordeaux, Benfica, Anzhi Makhachkala, dan Chelsea.

Tiket terakhir didapatkan oleh Steaua Bukarest yang secara gigih mampu menyudahi perlawanan Ajax Amsterdam. Tertinggal 0-2 di leg pertama, klub Rumania ini berhasil memaksakan babak adu penalti setelah gol-gol Iasmin Latovlevici dan Vlad Chiriches. Dan, Ajax akhirnya tersingkir setelah dua algojonya gagal sementara semua eksekutor Steaua berhasil.

Tim-Tim Yang Lolos ke 16 Besar Europa League 1

Sayangnya, klub-klub terkenal itu harus saling bunuh di babak berikutnya. Sebutkanlah Stuttgart yang mesti menghadapi Lazio. Atau, Benfica yang berduel dengan Bordeaux. Duel paling seru adalah laga Tottenham Hotspur vs Internazionale. Dua musim lalu, Gareth Bale pernah menciptakan hattrcik ke gawang Nerazzuri. Akankah hal tersebut terulang di babak 16 besar Europa League musim ini?

Jadwal 16 besar Europa League

  • Viktoria Plzen vs Fenerbahçe
  • Benfica vs Bordeaux
  • Anzhi Makhachkala vs Newcastle United
  • Stuttgart vs Lazio
  • Tottenham Hotspur vs Internazionale
  • Levante vs Rubin Kazam
  • Basel vs Zenit St. Petersburg
  • Steaua Bucuresti vs Chelsea